5+1 Mitos Tentang Alexa Rank yang "Malah" Sering Dipercayai


5+1 Mitos Tentang Alexa Rank yang Menyesatkan

Alexa rank adalah sebuah peringkat yang diberikan kepada sebuah situs (blog atau website) berdasarkan banyaknya traffik atau pengunjung. Penghitungan ini dilakukan oleh Alexa melalui algoritmanya sendiri.

Semakin kecil peringkat yang diperoleh oleh suatu situs, maka situs tersebut semakin baik (menurut Alexa).

Bagi Anda yang menggunakan blog sebagai media penghasil uang, tentunya peringkat dari Alexa ini tidak dapat disepelekan.

Tetapi, seiring banyaknya blogger yang ingin merampingkan Alexa rank dalam blog/websitenya, muncul berbagai mitos yang beredar di kalangan para blogger. Mitos ini biasanya tersebar melalui postingan-postingan yang beredar ke sesama blogger. Sebagian dari postingan tersebut malah "menganjurkan" beberapa mitos termasuk di dalamnya 6 mitos yang akan kita bahas di sini.

Banyak yang percaya pada mitos tersebut dan malah memposting mitos itu lagi di blognya sendiri, sehingga mitos ini semakin tersebar luas.

Kalau Anda tidak mau ditipu oleh berita hoax tersebut, lebih baik membaca postingan saya kali ini. Artikel ini saya ambil dari Top 6 Myths about the Alexa Traffic Rank yang ditulis langsung oleh Greg Orelind, Senior Produck Manager di Alexa. 

Ini dia Greg Orelind, Senior Product Manager di Alexa
Anda bisa menerjemahkan Artikel "Greg Orelind" tadi melalui Google Translate atau bagi Anda yang gak mau capek copy-paste lagi, bisa membaca artikel terjemahan yang sudah saya translate langsung dari Google Translate disini.

Bagi Anda yang pusing karena gak ngerti sama sekali setelah membaca Top 6 Myths about the Alexa Traffic Rank yang ditulis Greg tadi (pasti bahasa inggris remedial ya?), atau bagi yang kebingungan karena translate Google yang gak nyambung mungkin bisa membaca artikel di bawah ini.

6 Mitos Tentang Alexa Rank 

Mitos #1: Alexa hanya mengukur lalu lintas ( traffik ) dari orang-orang yang menginstal Alexa toolbar 
Tidak benar. Alexa rank di hitung berdasarkan spesifikasi yang sangat besar dan beragam ekstensi browser dan plug-in yang berbeda-beda. Alexa toolbar hanyalah salah satu dari sekian banyak ekstensi browser yang memuat data Alexa. Dan bagi website yang sudah menginstal kode verifikasinya, Alexa akan langsung menghitung traffik seluruh pengunjung website/blog baik itu yang memiliki Alexa toolbar maupun tidak.


Mitos #2: Alexa hanya menghitung Internet Marketing dan pemilik website

Hal ini juga berkaitan dengan Mitos #1. Ini juga tidak benar! Panel lalu lintas Alexa didasarkan pada jutaan orang yang menggunakan lebih dari 25.000 ekstensi browser yang berbeda-beda, sebuah perbandingan yang sangat luas.

Mitos #3: Mengklaim situs akan meningkatkan rank Alexa

Mengklaim situs yang Anda miliki tidak akan berpengaruh pada peringkat Alexa. Anda bahkan tidak harus mengklaim hanya agar situs Anda dihitung Alexa. Mengklaim situs Anda (yang merupakan layanan gratis) dan mengisi deskripsi serta informasi kontak yang up to date menjamin Anda tidak kehilangan setiap peluang bisnis potensial dari jutaan orang yang mengunjungi Alexa setiap bulan.

Mitos #4: Memasang widget Alexa rank akan meningkatkan peringkat

Tidak, widget Alexa memungkinkan Anda mempromosikan peringkat situs untuk pengunjung situs Anda. Widget tidak digunakan untuk mengukur lalu lintas (traffik) situs.

Mitos #5: Jika traffik situs saya naik pada hari tertentu, maka peringkat saya akan otomatis lebih baik

Belum tentu. Global Alexa rank diperbaharui setiap hari, tetapi didasarkan pada pengunjung website Anda selama 3 bulan. Jadi traffik hari ini adalah 1/90 dari semua lalu lintas yang berpengaruh pada peringkat situs Anda. Selain itu, website orang lain juga berpengaruh pada situs Anda. Intinya, perubahan traffik ke situs lain juga berpengaruh pada pada peringkat Alexa Anda.

Mitos #6: Jika menggunakan Alexa berbayar, rank Alexa akan lebih baik

Tidak juga, meskipun benar bahwa produk berbayar dapat membantu Anda mendapat lebih banyak pengunjung yang barangkali bisa meningkatkan peringkat Anda. Dan jika Anda memasang kode verifikasi dari Alexa di situs Anda. Alexa dapar langsung mengukur traffik, pengukuran langsung akan lebih akurat, tetapi lebih akurat buka berarti rank lebih baik.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

7 komentar

Tulis komentar
bangtekno.com
AUTHOR
June 24, 2016 at 7:08 AM delete

wihh ilmu blogging ane nambah nih :D klo menurut ane sih nggak usah terlalu fokus sm rank alexa, yg penting bikin blog jadi berkualitas aja ntar juga rank alexa kecil sendiri :D

Reply
avatar
Reno Subarjo
AUTHOR
June 24, 2016 at 5:26 PM delete

Heran juga gan, ternyata gak betuk ya............

1,3,4 adalah mitos yang paling saya percayai.

Reply
avatar
Reno Subarjo
AUTHOR
June 24, 2016 at 5:29 PM delete

Pantesan, saya udah capek-capek ngerjain yang nomor satu, tetapi tetap no data rank. sialan.. :p

Katanya sih, pasang alexa toolbar lalu bola balik ke blog, dan rank akan naik. Ternyata mitos ya?

Reply
avatar
David Banurea
AUTHOR
June 24, 2016 at 6:20 PM delete

Setuju banget gan, fokus ke konten dulu. Kalau konten memang bagus, blognya pasti bagus juga. Alexa juga akan menilai sendiri nantinya.

Reply
avatar
David Banurea
AUTHOR
June 24, 2016 at 6:21 PM delete

Saya juga sama sepert mas dulu, tapi sekarang saya sudah full fokus 100% ke konten.

Reply
avatar
David Banurea
AUTHOR
June 24, 2016 at 6:24 PM delete

Teman saya juga perna tertipu mas, bolak balik kunjung blognya setiap hari, tapi tetap no data. Padahal umur blog sudah 4 bulanan.

Kalau saya sih gak pasang begituan, tapi bisa dilihat di sidebarkan, alexa saya sudah jutaan, walau masih terbilang baru.

Reply
avatar
David Banurea
AUTHOR
July 19, 2016 at 12:22 AM delete

Rajin rajin aja nge-post artikel biar rank cepat muncul.

Reply
avatar

Berikan tanggapan relavan Anda terhadap artikel saya diatas. Nggak usah capek-capek nulis komentar Spam...

...tidak akan dipublish kok! EmoticonEmoticon