[Pengalaman] Saya Update 1 Artikel, Alexa Rank Turun 6 Juta?

Kali ini saya akan membagikan salah satu pengalaman saya dalam dunia blogging kepada Anda. Pengalaman yang saya maksud adalah tentang Alexa rank (peringkat Alexa).

Tenyata Begini Efek Update 1 Artikel ke Peringkat Alexa

...................

Awalnya saya pesimis terhadap peringkat Alexa untuk blog ini (debetimes.blogspot.com). Saya berpikir seperti itu bukan tanpa alasan.

Selain karena blog ini masih terbilang baru dan miskin konten, saya juga terpengaruh dengan isu yang beredar dari blogger lain, yang menyatakan bahwa Alexa sekarang "pelit" dalam memberikan peringkat kepada blog/website baru.


Pernyataan "pelit" ini dibuktikan dengan banyaknya blog baru yang masih saja mendapat rank : no data dari Alexa. Salah satunya adalah blog teman saya yang masih no data padahal umur blognya sudah 4 bulan, dan kontennya sudah mencapai 25 biji.

Atau Anda juga mengalami hal yang sama ?

Saya pun mencoba memasang widget Alexa di sidebar blog saya (walaupun rank dan links in masih no data). Dengan tujuan memantau perkembangan blog saya tanpa perlu repot-repot mengunjungi Alexa.com.

Saya pun terkejut ketika besoknya rank saya langsung masuk 17.983.727 di dunia. Lihat screenshotnya tanggal 2 Juni 2016.

Padahal konten saya cuma 5 biji.

Rank Alexa saya pada tanggal 2 juni 2016

Dan ini rank keesokan harinya (3 Juni 2016). 》》

Rank Alexa saya pada tanggal 3 juni 2016

Begitulah seterusnya sampai beberapa hari kemudian. Rank Alexa saya masih berada pada sekitaran 17 jutaan (tanpa update artikel).

Sampai akhirnya saya menulis 1 artikel berjudul 5+1 Mitos Alexa Rank pada tanggal 22/06/16. Dan keesokan harinya peringkat saya langsung naik ke 11.116.280.

Peringkat tanggal 23/06/16

Sungguh kenaikan yang sangat signifikan menurut saya, selisihnya bahkan sampai 6 jutaan. Padahal saya hanya update 1 artikel saja...

...Saya juga tidak tahu kenapa bisa begitu. Yang pasti, setelah ini saya akan lebih sering update artikel di blog ini (tahu sendiri lah alasannya)...


》》

Punya pengalaman juga? Ayo ceritakan di kolom komentar.


Note:
Saya tidak memanipulasi data-data yang tertera diatas, semua itu adalah benar-benar terjadi pada blog saya. 


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

3 komentar

Tulis komentar
Unknown
AUTHOR
July 12, 2016 at 4:47 AM delete

berikan tanggapan anda di sini gan.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
July 14, 2016 at 11:35 PM delete

Untuk situs web atau blog baru, peringkat Alexa lebih terpegaruh oleh backlink. Misal di awal ngeblog hanya fokus membuat artikel tanpa mencari backlink maka Alexa lama munculnya. Tapi meskipun tidak update artikel punya banyak backlink maka Alexa cepat muncul, kalau trafik pengunjung ya masih sedikit. (Mine)

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
July 19, 2016 at 12:20 AM delete

Banyak juga kok mas yang backlinknya banyak tapi gak punya rank. Dan saya juga pernah lihat links in-nya (backlink menurut alexa) "no data", tapi punya rank 9 jutaan.

.... Sebelumnya terima kasih telah memberi pendapat.

Reply
avatar

Berikan tanggapan relavan Anda terhadap artikel saya diatas. Nggak usah capek-capek nulis komentar Spam...

...tidak akan dipublish kok! EmoticonEmoticon